Popular post Read

Kamis, 03 Mei 2012

Reproduksi Vegetatif Pada Hewan

 A. Pembelahan Diri
     Pembelahan diri merupakan cara reproduksi yang khas terjadi pada organisme bersel satu, seperti amuba, paramecium, dan dinoflagellata. Amuba yang sudah dewasa akan membelah. Mula-mula intisel membelah sehingga menjadi dua inti. Kemudian sitoplasma juga membelah sehingga menghasilkan dua individu baru.


B. Fragmentasi
    Fragmentasi berasal dari kata fragmen yang berarti bagian-bagian. Individu baru terbentuk dari bagian tubuh yang terbagi-bagi. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah cacing planaria. Ketika cacing planaria telah mencapai ukuran dewasa, tubuh cacing ini akan terbagi menjadi beberapa bagian. Dari bagian-bagian ini, akan tumbuh dan berkembang membentuk individu baru.



C. Pembentukan Tunas
    Ubur-ubur, Hydra, dan Obelia berkembang biak dengan cara pertunasan (budding). Dalam daur hidupnya, Obelia mengalami dua fase hidup yaitu polip dan medusa. Polip hidup menetap di suatu tempat (sesil) dan berkembangbiak dengan membentuk tunas. Tunas tersebut membentuk medusa yang akan terlepas dari polip.




D. Partenogenesis
    Partenogenesis merupakan peristiwa perkembangan sel kelamin betina menjadi individu baru tanpa melalui fertilisasi. Jadi, individu baru ini merupakan individu haploid yang tumbuh dari sel haploid. Contoh organisme yang melakukan partenogenesis adalah kecoa dan lebah. Pada kecoa, hasil partenogenesis adalah kecoa betina tak bersayap. Sebaliknya pada lebah, pertenogenesis menghasilakn lebah jantan.


Partenogenesis

0 komentar:

Posting Komentar

 

Download Templates