Popular post Read

Rabu, 02 Mei 2012

Bagian-Bagian Otak Manusia


Otak terbagi atas otak besar, otak tengah, dan otak kecil. Antara otak dan sumsum tulang belakang terdapat sumsum lanjutan (medula oblongata)


1. Otak Besar (Serebrum)
Bagian Otak Manusia
     Otak besar terdiri atas belahan kiri dan belahan kanan. Belahan kiri mengatur dan melayani tubuh bagian kanan. Sebaliknya, belahan kanan mengatur dan melayani tubuh bagian kiri. Otak besar terdiri atas lapisan luar (korteks) dan lapisan dalam (medula). Otak besar berfungsi sebagai pusat pengendali berbagai aktifitas tubuh yang disadari, yaitu brfikir, kemauan, ingatan, mendengar, membau, bergerak, dan melihat.


2. Otak Tengah (Mesensefalon)
     Otak tengah merupakan penghubung antara otak depan dan otak belakang. Bagian otak tengah yang berkembang adalah lobus optikus yang berfungsi sebagai pusat refleksi pupil mata, pengatur gerak bola mata, dan refleksi akomodasi mata


3. Otak Kecil (Serebelum)
     Otak kecil terdiri atas sisi belahan kanan dan kiri. Belahan kanan dan belahan kiri dihubungkan oleh jembatan varol, yang terletak dibagian depan otak kecil. Otak kecil berfungsi sebagai pusat keseimbangan tubuh dan kordinasi gerak tubuh.



4. Sumsum lanjutan (Medula Oblongata)
     Sumsum lanjutan merupakan penghubung antara otak kecil dengan sumsum tulang belakang. Sumsum lanjutan berfungsi sebagai pusat pengatur denyut jantung dan tekanan darah; gerak pernapasan; pelebaran dan penyempitan pembuluh darah; refleks menelan, muntah, batuk, dan bersin.


5. Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)
     Memanjang didalam rongga tulang belakang mulai dari ruas tulang leher hingga tulang pinggang yang kedua. Sumsum tulang belakang memiliki daerah putih dan abu-abu. Daerah abu-abu mengandung serabut-serabut saraf. Daerah abu-abu terbagi atas akar orsal yang mengandung saraf sensori dan akar ventral yang mengandung saraf motor. Sumsum tulang belakang berfungsi untuk meneruskan jalannnya rangsangan dari dan menuju otak serta pusat gerak refleks.








0 komentar:

Posting Komentar

 

Download Templates