Popular post Read

Senin, 30 April 2012

NIFAQ

Nifaq yaitu berbuat amalan kebajikan di depan orang lain, supaya orang lain mengira bahwa ia adalah orang yang ikhlas beramal, tetapi sebenarnya ia tidak ikhlas sama sekali.


Nifaq hampir sama dengan dusta karena kedua-duanya melakukan perbuatan yang tidak sebenarnya. Pendusta selalu berbicara yang tidak benar.  Orang yang nifaq atau munafik, juga berbicara tidak benar, lain dimulut lain juga dihati. Orang munafik, ketika berbicara dihadapan kaum muslimin ia mengaku beriman, padahal ia ia tidak beriman. Mulutnya menyatakan beriman tetapi hatinya menyatakan kekafiran.Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT., yang artinya: " Mereka mengucapkan sesuatu dengan mulutnya apa yang tidak ada dalam hatinya". (QS. Al-Fath: 11)


Tanda-tanda orang yang munafik ada 3, yaitu:
1. Jika berkata, ia berdusta
2. Jika berjanji, ia mengingkari
3. Jika diberi kepercayaan, ia berkhianat


Kerugian yang ditimbulkan dari sifat nifaq, adalah:


menyembah berhala adalah syirik
    Pertama, kerugian bagi diri sendiri antara lain: yaitu selalu diliputi perasaan ragu-ragu, jiwanya tidak tenteram, hatinya sakit, akibatnya fisiknya juga sakit. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT yang artinya sebagai berikut: "Dalam hati mereka ada penyakit lalu Allah menambahkan penyakitnya itu, dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta." (QS. Al-Baqarah: 10)
    Kedua, kerugian bagi orang lain yaitu menjadikan orang lain celaka karena mereka selalu membuat perangkap agar orang lain terjerumus dalam perbuatan-perbuatan yang terlarang. Selain itu masyarakat umum juga sering dirugikan, karena mereka suka berbuat kerusakan di muka bumi. 


Karena orang yang bersifat nifaq sangat berbahaya, maka kita harus mejauhinya. Janganlah sampai tergiur oleh bujuk rayu orang yang munafik.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Download Templates